Profil Dosen Program Studi Sastra Jepang

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, S.Pd, M.Pd, CIRR.


Kontak

Email : soni.mulyawan@email.unikom.ac.id

Pendidikan

Strata Program Studi Perguruan Tinggi
S1 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia
S2 Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia
S3 Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia

Profil

Assoc. Prof. Dr. Soni Mulyawan Setiana, S.Pd, M.Pd, CIRR. adalah dosen tetap dengan jabatan lektor kepala pada Program Studi Sastra Jepang, Universitas Komputer Indonesia, memiliki ketertarikan pada bidang pendidikan bahasa Jepang serta pengembangan kurikulum dan pembelajaran bahasa Jepang.


Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah Jumlah SKS Jenis Mata Kuliah
Filsafat, Budaya, dan Teknologi 3 Wajib Program Studi
Kiso Moji Goi 3 Wajib Program Studi
Moji Goi N5 2 Wajib Program Studi
Shochuukyuu Sakubun 2 Wajib Program Studi
Chuukyuu Sakubun 2 Wajib Program Studi
Inovasi Pembelajaran Bahasa Jepang 3 Peminatan
Kyouiku Enshuu 3 Peminatan
Metode Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang 3 Peminatan

Publikasi

  1. Musyaafa, M. F. K., & Setiana, S. M. (2025). Analysis of Japanese antonym vocabulary proficiency in a private university in Bandung. International Journal of Computer in Humanities, 5(1), 10–19.

  2. Nurhaliza, R. S., & Setiana, S. M. (2025). Tanggapan hasil responden terhadap video pembelajaran Kanji N5 Tenko to Tenryu no Kyoshitsu. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 5(1), 35–46.

  3. Nalurita, N., & Setiana, S. M. (2024). Perancangan aplikasi Kaoru N5 berbasis Android untuk pembelajaran Kanji N5. Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 4(2), 175–186.

  4. Setiana, S. M., & Rahayu, A. B. (2024). Utilization of social media as interactive learning media: TikTok. Proceedings of the International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities.

  5. Sudarman, R., Damaianti, V. S., Mulyati, Y., & Setiana, S. M. (2024). Constructivism in writing learning in elementary school: Systematic literature review. International Journal of Research and Applied Technology (INJURATECH), 4(1).

  6. Musyaafa, M. F. K., & Setiana, S. M. (2024). Motivational factors of students in choosing Japanese literature study program at a private university in Bandung. Proceedings of the International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities.

  7. Setiana, S. M., Musyaafa, M. F. K., Setiawati, L., Dirgandini, M., & Halibanon, D. S. (2024). Problems in learning Japanese language faced by students. Proceedings of the International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities.

  8. Setiana, S. M. (2024). A needs analysis for Kanji learning media for beginners. Proceedings of the International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities.

  9. Nurhaliza, R. S., & Setiana, S. M. (2024). Influence of the visual novel game Project Sekai: Colorful Stage! as audio visual media for motivation to learn Japanese vocabulary. Proceedings of the International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities.

  10. Yusuf, E. A. I., & Setiana, S. M. (2024). Pandangan mahasiswa Sastra Jepang terhadap Otaku (Studi pada mahasiswa Sastra Jepang tingkat 1 di tiga universitas di Kota Bandung). Mahadaya: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 4(1), 97–108.