PENGEMBANGAN  KOMPETENSI PEDAGOGIK INSTRUKTUR BAHASA ASING PADA LKP GLOBAL LEARNING EDUCATION CENTRE BANDUNG

Soni Mulyawan Setiana, Kaisar Ramadhan, Tashaismia Puspitawati Sumitra

Tim Hibah PPM Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) yang terdiri dari Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd dan dua mahasiswa yaitu Kaisar Ramadhan, dan Tashaismia Puspitawati Sumitra melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berkerjasama dengan LKP Global Learning Education Centre (GLEC), Bandung. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Program PPM dengan pendanaan  Divisi Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (DP2M) Direktorat Penelitian, Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3M) Universitas Komputer Indonesia Tahun 2022. Kegiatan PPM ini mengusung tema Pengembangan  Kompetensi Pedagogik Instruktur Bahasa Asing pada LKP GLEC, dilaksanakan pada hari rabu, 6 Juli 2022 secara daring  berupa seminar dan refresment mengenai kompetensi pedagogik.

Tim PPM Prodi Sastra Jepang FIB Unikom beserta Pimpinan LKP GLEC Bandung

Kegiatan diawali dengan sambutan dari  Wakil Direktur LKP GLEC Ibu Teti Hadiati dan  Fenny Febrianty, S.S., M.Pd. selaku Ketua Program Studi Sastra Jepang sekaligus membuka kegiatan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Masyarakat ini.

Kegiatan PPM diikuti oleh 10 Instruktur Bahasa Asing (Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Korea) yang bekerja di LKP GLEC Bandung. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd mengenai Peranan LKP dalam pemberdayaan Masyarakat dan Pentingnya Pemahaman Kompetensi Pedagogik bagi Instruktur Bahasa Asing. Selanjutnya,  Tashaismia Puspitawati Sumintra menjelaskan tentang Konsep Belajar Mengajar Bahasa Asing. Kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan tes mengenai kompetensi pedagogik.

Pelaksanaan  PPM
 Pemaparan Materi  oleh Narasumber 1
 Pemaparan Materi oleh Narasumber 2

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan adanya peningkatan pemahaman kompetensi pedagogik dari para instruktur guna kualitas pembelajaran di LKP GLEC Bandung. Semoga kegiatan sejenis dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dengan tema/topik yang berbeda.

Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan kepada Rektor Unikom, Wakil Rektor III Unikom,  Direktur DP3M Unikom, Ketua Divisi DP2M Unikom, Ketua Program Studi Sastra Jepang Unikom, serta Direktur dan Staf LKP Global Learning Education Centre Bandung yang telah mendukung tim dalam kegiatan ini.

  • Smart Building Unikom, Lt 11
    Jalan Dipatiukur No. 102-116, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
    Tlpn. 022-2504119 Fax. 022-2533754
    Email: sj@email.unikom.ac.id
  • About Author
    admin