Wakamono Kotoba dan Perkembangannya

Anisa Arianingsih

Wakamono kotoba (若者言葉) berasal dari kata 若者 ‘wakamono’ yang berarti anak muda, dan 言葉 ‘kotoba’ yang artinya bahasa, perkataan, atau ucapan. Jadi, wakamono kotoba adalah bahasa, perkataan, atau ucapan yang biasa digunakan oleh anak muda di Jepang atau bisa disebut juga sebagai bahasa gaul. Kuwamoto (2003) mendefinisikan wakamono kotoba merupakan ragam bahasa yang digunakan secara luas oleh kalangan anak muda berkat media seperti televisi, majalah dan sebagainya secara bersamaan dengan budaya dan kebiasaan. Penggunaan wakamono kotoba perlu sedikit diperhatikan kepada siapa bahasa ini boleh digunakan. Wakamono kotoba hanya boleh digunakan kepada teman dekat saja karena jika salah penggunaan bisa jadi orang tersebut tersinggung dan dianggap tidak sopan, apalagi jika dilakukan kepada orang yang belum kenal, baru kenal, dan orang yang kedudukan atau usianya lebih tinggi daripada kita.

Wakamono kotoba mempunyai beberapa karakteristik, diantaranya adalah dibuat dengan bebas tanpa memikirkan tata bahasa dalam bahasa Jepang yang benar, biasa digunakan pada situasi non formal, adanya pemendekan kata, adanya penggabungan bahasa Jepang dengan bahasa asing terutama yang berasal dari bahasa asing, dan lain sebagainya.

Pengaruh Bahasa Asing terhadap Penggunaan Wakamono Kotoba

Bahasa asing merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi perkembangan wakamono kotoba di Jepang. Kosakata bahasa asing, terutama bahasa Inggris cukup banyak ditemui pada kosakata wakamono kotoba. Kosakata ini kemudian dimodifikasi dengan pemotongan atau penambahan suku kata dan penggabungan dengan kosakata bahasa Jepang asli. Hal tersebut dilakukan untuk membuat wakamono kotoba ini memiliki karakter atau sifat yang mudah diucapkan, ringkas, terkesan gaul atau keren, dan modern. Sebagai contoh, kata Mc Donald’s, salah satu restoran cepat saji yang terkenal disingkat menjadi “Makkudo”. Kemudian, “Nettomo” yang berasal dari kata “net” yang berarti internet dan “tomo” yang berarti teman. Nettomo ini dapat diartikan menjadi teman dari internet atau teman chatting.

Perkembangan Wakamono Kotoba

Wakamono kotoba sebagaimana sebuah bahasa akan terus berkembang karena sifatnya yang dinamis. Penggunaan media sosial juga dapat memicu perkembangan wakamono kotoba. Salah satu situs web di Jepang memberi peringkat kata タピる(tapiru)yang berarti minum minuman tapioka sebagai kata yang paling populer pada tahun 2019. Pada tahun tersebut, minuman tapioka atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan “minuman boba” memang sangat populer. Pemberian peringkat didasarkan pada banyaknya pemakaian kata tersebut di berbagai media.

Pada masa pandemi Covid-19 pun ada beberapa wakamono kotoba yang populer di media sosial, diantaranya adalah お家時間 (o uchi jikan), ズーム疲れ (zuumu tsukare), スクショ (sukusho), オン飲み(on-nomi), dan コロナ太り中(korona futori chuu).

お家時間 (o uchi jikan) berasal dari kata 家 ‘uchi’ yang berarti rumah “ dan 時間 ‘jikan’ yang berarti waktu. Jika diartikan, o uchi jikan ini adalah kondisi dimana orang-orang selalu berada di rumah atau “stay home” ketika pandemi. Yang kedua adalah ズーム疲れ (zuumu tsukare). Kata ini berasal dari kata “zoom” atau zoom meeting yaitu salah satu aplikasi populer yang sering digunakan untuk melakukan pertemuan secara online dan “tsukare” yang artinya lelah atau capek. Maka dapat diartikan “zoom tsukare” adalah keadaan lelah atau capek yang dikarenakan terlalu sering melakukan zoom meeting. Yang ketiga adalah スクショ (sukusho). Sukusho ini adalah pemendekan kata dari “sukuriinshotto” atau screenshot yang berarti tangkapan layar. Yang selanjutnya adalah オン飲み(on-nomi) yang berasal dari kata “online” dan “nomi” yang berarti minum. Kata ini dapat diartikan sebagai minum secara online. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu kebiasaan orang Jepang adalah pesta minum. Akan tetapi, di masa pandemi ini kegiatan tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung sehingga mereka menggantinya menjadi pesta minum secara online. Yang terakhir adalah コロナ太り中(korona futori chuu). “Korona” berarti corona virus, “ futori” berarti menjadi gemuk, dan “chuu” berarti selama. Maka dapat diartikan bahwa ‘korona futori chuu’ ini adalah menggemuk selama pandemi corona.

Perkembangan wakamono kotoba sebagai variasi bahasa yang bertambah setiap tahunnya menjadi bukti penting akan perkembangan bahasa maupun budaya Jepang. Oleh karena itu, wakamono kotoba merupakan salah satu pengetahuan penting yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Jepang. Hal ini dikarenakan variasi bahasa dalam wakamono kotoba merupakan bahasa yang tidak baku sehingga tidak terdapat dalam kamus standar bahasa Jepang dan juga tidak diajarkan pada pendidikan formal.

  • Smart Building Unikom, Lt 11
    Jalan Dipatiukur No. 102-116, Kota Bandung, Jawa Barat 40132
    Tlpn. 022-2504119 Fax. 022-2533754
    Email: sj@email.unikom.ac.id
  • About Author
    admin