Kegiatan #belajardarirumah Prodi Sastra Jepang Unikom

Sesuai dengan kebijakan pemerintah sebagai langkah mengurangi penyebaran virus Corona Covid-19, sejak pertengahan bulan Maret 2020, Unikom sudah memberlakukan kegiatan belajar dari rumah dengan sistem online bagi mahasiswanya. Begitu juga dengan Program Studi Sastra Jepang.

Kegiatan kuliah online ini menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan adaptasi baru. Perkuliahan tatap muka diganti dengan menggunakan sistem yang disediakan oleh kampus (kuliah online dan LMS Unikom), ataupun menggunakan aplikasi lain seperti zoom, discord, dan google classroom.

Perubahan pola kegiatan belajar mengajar yang awalnya tatap muka di kelas menjadi cara online ini memiliki kendala tersendiri baik bagi mahasiswa ataupun dosen.

Bagi dosen misalnya, pemberian materi secara online dianggap lebih sulit daripada tatap muka di kelas. Dosen terkadang merasa kesulitan mengajak para mahasiswanya untuk aktif seperti pembelajaran tatap muka di kelas. Apalagi di Prodi Sastra Jepang ini banyak mata kuliah yang membutuhkan drill untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Sementara bagi mahasiswa, sinyal dan kuota internet menjadi kendala terbesar dalam sistem pembelajaran online ini. Akan tetapi, semua kendala tersebut sedapat mungkin diatasi dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

Kita berharap semoga virus corona ini segera berakhir, sehingga bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala. Kuliah tatap muka di kelas, belajar normal seperti biasanya, bertemu dengan teman dan juga dosen.
Semoga harapan ini segera terwujud. Aamiin.

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin