Japanese Education Exhibition 2019

Japanese Education Exhibition (JEE) merupakan program kerja sekaligus event tahunan Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMA SAJA) Unikom. Acara terdiri dari berbagai macam lomba, yang terbagi menjadi lomba edukasi dan lomba matsuri (festival). Lomba edukasi terdiri dari Shuuji, Kana, Kanji, Speech, Rodoku, Noken, Desain Character. Sedangkan lomba matsuri terdiri dari Cosplay, Costreet, dan Cover Sing.
Pada JEE yang ke-15 ini tema yang digunakan adalah “Kaiyo” yang berarti samudera, dan judulnya sendiri adalah “Atlantis no Takaramono” (Harta Karun Atlantis). JEE tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tidak dilaksanakan di daerah kampus Unikom saja. Acara dibagi menjadi dua hari pelaksanaan, yaitu lomba edukasi pada hari Sabtu, 13 April 2019 yang bertempat di Unikom (ruang L.018 dan lantai 11) dan festival beserta perlombaannya pada Sabtu, 20 April 2019 di Banyu Leisure.
Acara ini dibuka dengan penyambutan dari Ketua Prodi Sastra Jepang Unikom yaitu Ibu Fenny Febrianty, SS, M.Pd. pada hari yang sama dengan pelaksanaan lomba edukasi. Lomba edukasi sendiri diikuti oleh 68 siswa yang berasal dari sekolah yang berbeda, yaitu SMAN 1 Ciwidey, SMAN 7 Bandung, MA Al-Huda, SMAN 1 Katapang, SMAN 1 Baleendah, SMA BPI 1 Bandung, SMA Pasundan Banjaran, SMA Laboratorium Percontohan UPI, SMAN 11 Bandung, SMKN 12 Bandung, SMAN 5 Bandung, dan SMAN 21 Bandung.
Satu pekan berikutnya, acara festival dari JEE dimulai pada pukul 09.00 hingga 20.00 WIB. Banyak pengunjung dari berbagai kalangan hadir dengan sangat antusias. Hal ini dikarenakan bintang tamu yang hadir juga cukup terkenal seperti Heno Heno Moheji, Thousand Sunny, Lumina Scarlet Kohai, Kirari Generasi Kedua, Tokyo Night, Eyivose, Voir, dan lainnya. Tidak hanya itu, festival ini juga dimeriahkan oleh berbagai penampilan dari peserta Special Performance, Cover Sing, serta para cosplayer.
Melalui acara JEE ini diharapkan peserta lomba dapat memotivasi semangat dalam belajar, khususnya bahasa Jepang. Melihat dari komentar positif dari para peserta lomba beserta para pengunjung, acara ini bisa disebut sangat sukses. Diharapkan JEE tahun selanjutnya juga lebih meriah lagi.

  • Polls
    Sorry, there are no polls available at the moment.
  • About Author
    admin

    Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website